Roti Ganda Oleh - oleh Khas P. Siantar


Kota Pematangsiantar yang berjarak 128 KM dari Kota Medan adalah pintu gerbang menuju kota wisata Parapat (Danau Toba). Jika anda melintasi kota Pematangsiantar di Jalan Sutomo sebelah kanan yang merupakan jalan satu arah ini maka anda akan menemukan sebuah toko roti yang tidak berukuran besar namun sangat disesaki para pembeli baik penduduk lokal maupun wisatawan.


Toko ini banyak menjual beragam jenis roti dengan berbagai macam rasa. Namun, hanya satu yang sangat laris manis yaitu ‘roti ganda’ yang berupa roti loaf yang dibelah dua kemudian diisi dengan cream dan taburan butiran cokelat dan bisa juga diisi dengan selai srikaya (Untuk roti ini hanya ada dua pilihan rasa). Kemudian ditutup kembali lalu diirisi tebal-tebal dan dibungkus pada selembar kertas putih sehingga aromanya yang khas membuat orang tergiur ingin mencobanya.
Namun siapa sangka? Roti yang beresep sederhana ini mampu memikat ribuan pembeli. Anda pasti sangat terheran-heran mengapa roti ini bisa laris manis tidak hanya di kota Pematangsiantar? Jawabannya adalah karena roti ganda ini sangat lembut dan rasanya sangat khas ditambah lagi roti ini memiliki harga yang terjangkau. Saya pribadi sebenarnya sangat menyukai roti ganda isi cream putih yang memikat. Efek sekali gigit membuat kita ingin menggigitnya kembali.
Saya tidak sedang menulis secara hiperbolis. Kalau boleh bukti, toko roti ini memang selalu disesaki pengunjung baik hari libur maupun tidak libur. Karena keramaian toko ini membuat Jalan Sutomo menjadi sangat macet apalagi di siang hari. Bayangkan saja sebuah toko roti mampu membuat jalanan kota Pematangsiantar macet hanya karena banyak pembeli yang mampir dan terpaksa memarkirkan kendaraannya secara berlapis. Ternyata keramaian toko roti yang dipenuhi para pencinta roti ganda ini membuat beberapa pihak memanfaatkannya untuk mencari untung. Sangat sulit memasuki toko ini karena ada beberapa penjual yang lain tepat di trotoar depan toko ini hanya untuk memanfaatkan ramainya pengunjung. Dan lagi anda akan menemui pengemis dan pengamen yang mengais rejeki berkat keramaian itu.
Tidak sampai di situ saja, toko roti ini juga dicintai orang-orang yang sebenarnya tidak berdomisili di Pematangsiantar. Jadi jika dikatakan Pematangsiantar maka memori mereka akan langsung mengingat ‘roti ganda’ lalu buru-buru minta dibelikan roti ganda. Pergi ke Pematangsiantar? Maka wajib untuk tidak melupakan oleh-oleh ‘roti gandanya.
Begitu banyak toko roti di Pematangsiantar namun pengunjung lebih memilih membeli roti di toko ini hanya untuk sebuah ‘roti ganda’ yang memikat hati. Sebuah prestasi roti ini bertahan sejak tahun 1979 hingga saat ini. Jika berkunjung ke Pematangsiantar cobalah untuk mencicipi roti ini karena inilah kekhasan Kota Pematangsiantar.

0 Response to "Roti Ganda Oleh - oleh Khas P. Siantar"

Post a Comment