Mahasiswa USU Demo Tolak RUU Pendidikan

Medan - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan aksi demo menolak disahkannya Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUPT), di Kampus USU Jalan Dr Mansyur, Rabu (11/7).Dalam orasinya, Koordinator Aksi Eka H mengatakan Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap individu, karena itu sudah sepantasnyalah masyarakat mendapatkan pendidikan yang layak dan ilmiah.

Disyahkannya RUU PT akan semakin menambah buram wajah pendidikan di Indonesia. Sebab RUU PT merupakan salah satu bentuk pelepasan tanggungjawab pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Artinya saat ini pemerintah melalui sistem pendidikannya membatasi warga negaranya dalam memperoleh pendidikan. Terbukti dari hanya segelintir orang yang memiliki uang sajalah yang berhak mendapatkan pendidikan yang layak.

"RUU PT ini sendiri merupakan buah dari kebijakan-kebijakan yang telah terkontaminasi oleh kepentingan segelintir orang untuk memudahkan para pemilik modal berinvestasi dan memprivatisasi pendidikan di Indonesia, khususnya ditingkatan perguruan tinggi," teriaknya.

Indikasinya, kata dia, terlihat ketika kampus harus mencari sumber pendanaannya sendiri untuk menjalankan sistem pendidikannya. Artinya praktik-praktik komersialisasi dan liberalisasi pendidikan menjadi hal yang dihalalkan melalui sistem pendidikan yang akan disahkan tersebut.

Nilai-nilai pendidikan akan semakin tergerus karena lembaga pendidikan sudah tidak lagi bertolak pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, melainkan kepada pemenuhan kebutuhannya yang berujung pada provit oriented.

0 Response to "Mahasiswa USU Demo Tolak RUU Pendidikan"

Post a Comment